Tips membeli notebook baru



Titik tolak membeli notebook baru berangkat dari kebutuhan. Jangan pernah tergoda untuk membeli produk yang jauh berada di atas kebutuhan kita. Kebutuhan kita akan notebook umumnya tidak akan banyak berubah dalam jangka waktu sampai dua tiga tahun ke depan. Ketika masa itu terlewati, investasi yang kita tanam mungkin sudah berbuah berlimpah sehingga kita bisa menggantinya dengan laptop yang lebih baru lagi.
Berikut ini pedoman yang bisa kita gunakan dalam memilih mana terbaik untuk kita ;
1.       Tentukan kebutuhan anda terhadap notebook
Kalau kesulitan merumuskannya, anda bisa jawab pertanyaan singkat ini; Apa yang anda kerjakan dengan notebook ini. Menyelesaiak pekerjaan-pekerjaan kantor , mengerjakan desai grafis , digital imaging, video editting atau anda ingin mengerjakan hal-hal yang ringan di tengah padatnya mobilitas anda dari satu tempat ke tempat lain. Atau anda ingin menyelesaiakan seluruh pekerjaan di kantor yang biasanya anda kerjakan dengan komputer dekstop, dengan menggunakan laptop yang hendak anda beli.

2.       Seberapa sering dan intens anda berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain dan bekerja dengan laptop anda. Semakin intens mobilitas anda, anda membutuhkan sebuah komputer yang lebih ringan lebih portabel.

3.       Seberapa berat aplikasi yang rutin gunakan
Semakin berat aplikasi semakin anda dituntut untuk memilih notebook yang memiliki resources yang besar, mulai dari dari keceptan prosesor, RAM dan harsdisk.

4.       Seberapa sering anda berpindah dari satu komputer ke komputer yang lain dan seberapa besar data yang dipindah. Semakin berpindah-pindah semakin besar ukuran data yang dipindahkan. Anda membutuhkan laptop dengan hardisk besar.

5.       Seberapa banyak anda menggunakan periferal lain di dalam komputer.
Apakah anda bekerja sembari menggunakan kamera digital, camcorder,storage eksternal, jumlah port input pada notebook seperti usb sekarang ini jumlahnya sudah memadahi minimal 2 buah.

6.       Seberapa besar data-data yang anda gunakan untuk bekerja.
Semakin besar ukuran data maka semakin besar aplikasi yang anda pasang dan memerlukan ruang hardisk yang lebih besar. Maka pilihan alternatifnya adalah hardis internal tidak usah terlalu besar, tetapi notebook tersebut dilengkapi dengan alat output data seperti CD/RVD-RW, DVD atau membeli hardisk external

7.       Seberapa banyak anda berurusan dengan tampilan gambar
Semakin intens anda berurusan dengan urusan ini, layar display yang lebih lebar akan membuat anda nyaman. Begitu pula dengan kartu grafis. Notebook sekarang menyediakan 2 kartu grafis share memori. Satu lagi dengan memori terpisah  dari RAM dan memiliki kartu yang di dalamnya memuat memori tersendiri.

8.       Apakah notebook tersebut memiliki ergomisitas yang baik
Semakin anda merasa nyaman dengan laptop anda. Semakin anda betah menatapnya, boleh jadi anda akan semakin produktif dalam bekerja. Ergonomisitas ini misalnya desai keyboardnya, jenis dan desain mouse internal yang digunakan seperti apa, samapai hal-hal yang umum seperti bentuk layar dan bentuk keseluruhan notebook tersebut.

9.       Seberapa lama anda bekerja menggunakan notebook
Semakin anda bekerja semakin anda memerlukan notebook dengan daya tahan baterai yang tinggi. Bagaimanapun juga anda tidak akan bisa mengandalkan listrik ada di sembarang tempat


10.   Apakah anda mempertimbankan pemakaian notebook selama mungkin.
Alangkah baiknya anda mempertimbangkan kemampuan upgrade dari komponen-komponen notebook tersebut. Sekalipun sebagian besar notebook tidak memiliki kemampuan upgrade prosesor ada beberapa merek atau tipe yang menyediakan. Bila anda tidak cukup nyakin untuk merek tersebut, minimal anda mempertimbangkan kemungkinan upgrade memori  utama (RAM) karena ini akan membantu netbook anda beradaptasi dengan aplikasi baru yang rakus memori.

b yang bisa anda jangkausecara mudah. Dari mana kita tahu jaringan service center mereka kokoh atau tidak, memuaskan atau asal-asalan

12.   Terakhir, dan yang terpenting belilah notebook dari toko yang memberi garansi resmi.
Alis dari dealer/distributor resmi. Sekarang ini banyak penjual yang menawarkan dagangannya yang lebih murah tetapi setelah dilacak ternyata hanya memberikan garansi toko penjual  bukan dari pabrikan notebook terseb