Kerugian menggunakan laptop atau notebook


Meskipun banyaknya keuntungan bekerja memakai laptop,namun tidak berarti laptop tidak mempunyai kerugian atau kelemahan. Kekurangan inilah sebaiknya kita sebagai pengguna laptop atau netbook harus berhati-hati dalam menggunakan serta merawat laptop/netbook. Apa saja kekurangan laptop ini dia ;
1.       Harus berkompromi banyak hal
Notebook sendiri merupakan produk kompromi, yakni antara tetap bisa bekerja tetapi juga masih bisa travelling. Notebook adalah kompromi antara kompromi antara fleksibilitas dan keterbatasan performa. Bila kita ingin bekerja dengan notebook yang layarnya lebih luas, kita harus bersedia menenteng laptop yang lebih berat.

2.       Yang jelas lebih mahal dari pada PC
Yang jelas kalau kita membeli laptop kita harus mengeluarkan uang lebih banyakdibandingkan dengan membeli komputer desktop. Apalagi kita menghendaki notebook yang spesifikasi sama persis dengan komputer desktop.

3.       Harus lebih waspada
Karena harganya mahal, ia mencari incaran penjahat yang memilikinya. Meneteng kemana-mana membutuhkan kewaspadaan ekstra. Bahkan ada penjahat khusus mengincar barang yang satu ini. Belakang mulai ada vendor yang menawarkan asuransi terhadap loptop ini. Sehingga memberikan perlindungan yang baik kepada penggunanya.

4.       Lebih rentan dan ringkih kerusakan
Untuk mendapatkan notebook yang lebih enteng, setiap komponen notebook dibuat lebih kecil dan ringan. Bahannya dibuat secara berbeda-beda dibaning dengan dekstop. Secara fisik ia lebih ringkihterhadap tekanan maupun guncangan. Meski dilindungi dengan casing berbahan campuran logam yang kokoh-ringan, yang kekokohannya tidak sama dengan dekstop.

5.       Lebih rumit perawatannya
Lantaran bentuknya yang menyatu dengan komponen-komponen yang lain, notebook memerlukan perawatan yang ekstra dan pengoperasian yang penuh kehati-hatian. Air teh atau kopi yang tumpah di keyboard bisa-bisa mematikan seluruh sistem notebook. Penyimpanan di tempat yang lembah juga menyebabkan umur notebook berumur pendek. Debu dan kotoran yang menyumbat jalur-jalur komponen bisa menyebabkan masalah ringan namun bisa berakibat serius.

6.       Perlu backup data secara rutin
Karena rawan terhadap kerusakan dan pencurian , kita memerlukan back up data secara rutin data-data yang kita miliki. Kadangkala perkara sepele ini sering membuat masalah. Bayangkan saja jika notebook kita hilang/rusak padahal kita lagi memerlukan data yang disimpan di notebook tadi. Kondisi ini akan menjadi masalah buat kita.

7.       Bila rusak, ongkos perawatannya lebih mahal
Alangkah baiknya kita menguasai teknik reparasi komputer atau dekstop. Tetapi memperbaiki notebook adalah perkara yang tidak hanya lebih memerlukan keahlian, tetapi juga memerlukan peralatan yang memadahi (biaya investasing tidak murah) keberanian yang mencukupi. Seringkali kalau terjadi kerusakan kita harus membawa ke tukang servis laptop.

8.       Ukuran keyboardnya lebih kecil
Berbeda dengan layout komputer desktop, keyboard pada laptop didesain lebih kecil ukurannya sehingga kita harus menyesuaikan diri dengan yang lebih mungil. Apalagi bila anda dianugrahi dengan jari –jari yang gemuk, kelingking terasa jempol. Bisa-bisa ingin menekan satu tombol yang tersentuh dua tiga tombol . lagi pula disain laptop umumnya bervariasi, dari yang standart sampai yang mungil.

9.       Performa lebih lambat
Dibandingkan dengan komputer desktop yang memiliki prosesor yang sama, laptop tidak sama kencangnya dengan PC. Apalagi performa keseluruhan tidak hanya ditentukan kecepatan prosesor tetapi juga ditentukan komponen yang lain misal hardisk, memori utama. Karena peformnya lebih lambat, sebaiknya kita tidak memaksa bekerja layaknya seperti desktop pada umumnya.

10.   Upgrade lebih sulit
Meski beberapa merek notebook menawarkan kemampuan upgrade prosesor atau memori, umumnya ia merupakan satu sistem yang sudah paten dan sulit ditingkatkan kapasitas kinerjanya. Beberapa jenis notebook bahkan memasang mati prosesor pada motherboad nya sehingga pilihan untuk mengganti prosesor dengan yang lebih cepat tidak dimungkinkan lagi. Atau menunggu perkembangan teknologi notebook lagi

11.   Penambahan komponen lebih sulit
Pada dekstop kita bisa saja membeli komputer tanpa ada  kartu suara/ kartu jaringan atau modem. Komponen tersebut bisa ditambahakan di kemudian hari ketika membutuhkan / atau punya duit. Namun pada laptop, komponen-komponen tidak dimungkinkan kecuali untuk komponen RAM/memori atau optical drive. Bisa saja kita memanfaatkan ceruk yang tersedia untuk kartu ekspansi, tetapi begitu satu alat dipasang kita tidak bisa lagi menambahakan kartu jaringan. Sebaiknya ketika kita membeli laptop, komponen-komponen sudah terpasang.