Panduan memilih notebook atau laptop



Panduan memilih notebook
Sekarang komputer sudah menjadi barang umum dipakai. Banyak pengguna notebook akhir-akhir ini, maka kita perlu mengelompokkan kedalam beberapa pengguna. Fungsinya supaya kita bisa menemukan ketepatan dalam memilih jenis atau model notebook yang akan kita gunakan.
1.       Home user
Pengguna rumahan biasanya meraka memposisikan laptop sebagai komputer kedua. Artinya mereka sudah memiliki dan atau menggunakan dekstop di rumah atau di kantor. Laptop jenis ini digunakan sebagai penunjang kegiatan komputer yang memerlukan kegesitan berpindah-pindah kerja dari satu ruangan ke lainnya. sehingga komputer dekstop model in tidak dipakai

2.       Pelajar dan mahasiswa
Pengguna dari kalangan mahasiswa atau pelajar adalah mereka yang memiliki keterbatasan dalam hal dana namun menginginkan komputer yang bertenaga. Mereka ini memiliki keterampilan dalam mengoperasikan komputer di atas pengguna yang lainnya. mereka ini yang aktis dan dinamis, bergerak dari satu e yang lainnya. umumnya laptop ini dijadikan alat penunjang segi akademis dan hiburan. Model notebook yang mereka gemari biasanya yang ringan, tidak mahal dan memiliki penyimpanan yang besar. Untuk beberapa siswa/mahasiswa memerlukan fitur-fitur yang penting yang berkaitan dengan minat bidang studinya, misal teknologi informasi.

3.       Pekerja dinamis
Mereka adalah pekerja yang menghabiskan waktunya diperjalanan. Sering bepergian dari tempat satu ke tempat lainnya secara cepat dan selama bepergian tidak menginginkan waktunya habis tetapi digunakan untuk menyelesaiakn pekerjaan-pekerjaan sehari-hari. Pilihan bagi mereka adalah notebook dengan yang berbentuk ringan, ukurannya tidak terlalu besar dan mudah di jinjing serta memiliki tas sebagai tempat penyimpanan. Selain itu diperlukan kelengkapan fitur yang mudah terkonektivitas dan notebook seperti ini perlu disain yang bandel dan tangguh.

4.       Power user
Jenis pengguna ini ini selalu bekerja dengan notebook baik di kantor, di rumah atau diperjalanan. Mereka memerlukan jenis notebook yang bagus sistem kinerjanya yang bisa bekerja seperti dekstop. Biasanya spesifikasi jenis notebook yang mereka gunakan lebih tinggi dan performanya bagus. Dan mereka bisa berkompromi terhadap berat notebook yang agak berat dan cenderung menggunakan aplikasi komputer yang sangat banyak jangkuannya mulai dari aplikasi office, database, grafik maupun keuangan.

5.       Pekerja grafis dan multimedia
Pengguna jenis ini memerlukan penampilan layar yang lembut, lebar dan setidaknya tidak terlalu jauh dengan speksifikasi dekstop. Karena pekerjaan mereka memerlukan ketelitian dan kejelian dalam hal warnadan detil-detil elemen, maka jenis pengguna ini memerlukan adanya kartu grafis yang bisa memenuhi tuntutan mereka. Dalam hal performa mereka memerlukan laptop yang powerfull, memori yang cukup, hardisk yang gede dan optical drive.
dll